Wajah Terlihat Tua, Mungkin Ini Penyebabnya

Kulit pada setiap tahapan umur, memiliki karakter sendiri – sendiri. Namun seiring bertambahnya umur kulit menjadi terlihat kurang cerah-bercahaya (glowing). Dalam artikel ini membahas hal-hal apa saja yang yang menyebabkan kulit mengalami penuaan dini.

1. Sering Mengucek Mata dapat Menyebabkan Mata Panda

Bagian bawah mata adalah salah satu bagian yang menjadi bagian dalam proses penuaan. Ketika terjadi penuaan akan terjadi kantung mata yang warnanya akan sedikit berbeda dengan warna kulit wajah lainnya atau yang biasa disebut mata panda. Menurut Johns Hopkins Medicine mata panda terjadi akibat otot-otot di sekitar mata mengalami pelemahan. Bagi kebanyakan orang, mengucek mata tidak menjadi masalah, atau menimbulkan efk yang permanen.

Namun terlalu sering mengucek mata dapat menjyebabkan pembengkakan pada area mata. Masalah ini sering ditemui pada orang yang mengidap eskim. Dikarenakan kondisi kulit yang terasa gatal dan mudah iritasi. Selain mengucek, yang perlu diwaspadai adalah menarik, menggosok, menekan bagian kulit di bawah mata dapat pula menyebabkan penghitaman di sekitar mata.

Go To: kenali kenapa sering mengucek mata, Menurut Ohio State University Wexner Medical Center, penyebab bagian mata terasa gatal (yang menyebabkan sering mengucek mata) adalah alergi. Jadi segera ke doter untuk mendapatkan diagnosa dan perawatan. Walaupun mengidap eskim dokter dapat menyarankan treatment tertentu yang cocok.

2. Kurang Tidur Mengganggu Kulit Melakukan Regenerasi

Tidur adalah hal yang esensial untuk energi, konsentrasi, dan bagi kulit ketika kita tidur kulit melakukan regenerasi, mengganti kulit tua dengan kulit baru. Menurut jurnal study Clinical and Experimental Dermatology yang melibatkan 60 perempuan menemukan bahwa kurang tidur (yang didefinisikan kurang dari lima jam sehari) berakibat pada tanda-tanda penuaan, lapisan kulit yang tidak sehat, penampilan yang tidak menarik. Selain pada faktor penuaan kurang tidur dapat menyebabkan kesulitan konsentrasi, tubuh mudah lelah dan bahkan halusinasi.

Go To: untuk mendapat tidur yang cukup, berikut ada beberapa tips dari National Sleep Found Amerika:

  • Jadwalkan jam tidur dan bangun yang sama setiap hari. Hal ini bertujuan agar jam tubuh dan jam aktivitas kita sama.
  • Buat kamar lebih temaram, sejuk dan tenang.
  • Makan dua atau tiga jam sebelum tidur.
  • Batasi konsumsi kafein.

3. Menyedot Secara Berlebihan Dapat Memunculkan Garis Penuaan Di Sekitar Mulut.

Apakah kamu termasuk yang suka menyedot? Bukan itu ya, tapi meminum soda, jus, es teh menggunakan sedotan. Menggunakan sedotan memang praktis, menghindari minuman tumpah kebaju. Namun hal itu dapat menyebabkan garis-garis di sekitar mulut, yang mana merupakan tanda-tanda dari penuaan dini.

Ketika menggunakan sedotan, mengaktifkan otot-otot di sekitar bibir. Semakin banyak menggunakan otot-otot itu semakin besar pula terjadi garis-garis di kulit bibir. Hal ini juga yang melandasi para perokok memiliki garis-garis di mulut. Menurut Mayoclinic garis-garis itu dapat ditelisik berasal dari mengerucutkan bibir secara berulang-ulang.

Go To: Jangan terlalu banyak menyedot!

4. Stress Melepaskan Cortisol yang Merusak Collagen

Setiap bagian tubuh kita terpengaruh oleh stres, termasuk pula kulit. Jika sering merasa cemas (atau kurang tidur akibat stres), tubuh menyebarkan hormon stres tanpa henti ke seluruh bagian tubuh yang menyebabkan terjadinya penuaan dini. Cortisol merupakan hormon stres yang memiliki andil besar menghancurkan collagen. Ketika collagen rusak maka berakibat pada kulit yang kendor, keriput dan dapat menyebabkan peradangan. Menurut jurnal ilmiah, stres yang berkelanjutan memicu penuaan oleh karenanya terjadi peradangan.

Go To: Stres dapat dikurangi dengan gaya hidup sehat, yang meliputi pemilihan makanan, minuman, jam tidur yang pas dan olahraga yang teratur. Yang semua itu berkontribusi besar mencegah penuaan dini.

Tinggalkan Balasan

Email Anda tidak akan di publikasikan. Bidang yang ditandai * harus diisi