Apa itu Collagen?

Kamu mungkin bertanya-tanya apasih collagen? Kenapa banyak produk kecantikan yang menyebut itu. Collagen adalah protein yang terdiri dari tiga asam amino; glycine, proline dan hydroxyproline, yang menyusun sekitar 75 persen struktur peyangga kulit. Collagen bertindak sebagai kerangka yang digunakan oleh sel untuk menyusun kulit.

Collagen Bisa Berkurang

Disayangkan memang collagen akan mengalami degradasi sesuai bertambahnya usia, dan faktor genetik menentukan seberapa cepat degradasi atau penurunan itu terjadi. Selain itu terdapat faktor-faktor yang mempercepat terjadi penurunan kualitas dan kuantitas collagen dalam tubuh. Paparan Sinar UV, merokok dan diet yang buruk, semua itu membentuk radikal bebas yang mempercepat kerusakan pada collagen.

Manfaat Collagen

Protein ini memiliki peran penting dalam tubuh. Ketika collagen dalam tubuh mengalami penurunan baik kualitas maupun kuantitasnya. Maka kamu akan melihat kerutan, otot yang lemah dan sakit pada sendi. Hal ini jelas bahwa collagen penting bagi kesehatan seseorang. Terlebih menurut jurnal yang di publikasikan pada 22 Februari 2020 menyebutkan manfaat hydrolysate collagen dapat melindungi kulit dari paparan sinar UV yang menyebabkan kulit berubah warna.

Berkaitan dengan sakit pada sendi menurut penelitian yang dipublikasikan pada jurnal Applied Physiology, Nutrition, and Metabolis. Dilakukan penelitian pad 160 atlet muda yang memiliki sakit pada sendinya. Para atlet tersebut dibagi dalam dua kategori 80 orang diberikan 5 gram collagen peptides selama 12 minggu. Sedangkan 80 lainnya diberikan placebo. Hasilnya menunjukkan bahwa atlet yang diberikan collagen sebesar 5 gram menunjukan hasil yang memuaskan dalam pengobatan sakit sendinya dibandingkan atlet yang diberikan placebo.

Pada hasil penelitian yang dipublikasikan pada Journal of Atherosclerosis and Thrombosis pada Mei 2017. Partisipan yang mengonsumsi collagen tripeptide selama 6 bulan memiliki kemajuan dalam kadar kolesterol dan kekakuan arterinya. Sehingga collagen dapat membantu mengurangi resiko penyakit jantung.

Cara Mendapatkan Collagen

  • Suplemen Collagen Menurut penelitian yang diterbitkan pada Journal of Drugs in Dermatology bahwa mengonsumsi suplemen collagen memberikan dampak pada pencegahan penuaan. Ketika kamu mengonsumsi suplemen yang berisikan collagen maka tubuhmu akan menyerap sebagaima sumber protein lainnya. Sumber collagen sintetis dalam wujud krim atau pun cairan belum terbukti secara ilmu pengetahuan.
  • Diet Yang Sehat dengan menjaga asupan makan yang baik. Kaya akan protein akan memberikan suplai bagi asam amino tubuh untuk membentuk collagen. Selain itu meminum vitamin C, Zinc dan B kompleks dapat membantu mempercepat pembentukan collagen.
  • Gunakan Tabir Surya walaupun hal ini tidak dapat menambah kandungan collagen dalam tubuh. Pemakaian tabir surya dapat menjaga collagen dalam kulit tidak rusak. Selain itu berhenti merokok dan meminum minuman berakohol karena kandungan bebas dalam rokok dan alkohol juga turut andil dalam rusaknya collagen.

Final Words

Collagen adalah protein yang di temukan dalam setiap bagian tubuh terutama pada kulit, tulang dan otot, gigi, dan sendi. Pola hidup sehat dengan makan makanan yang kaya nutrisi dan dengan menghindari rokok dan alkohol dapat menjaga kualitas dan kuantitas collagen dalam tubuh tetap prima.

Tinggalkan Balasan

Email Anda tidak akan di publikasikan. Bidang yang ditandai * harus diisi