Tetap Olahraga Walaupun Menstruasi

Jika kamu sedang menstruasi hal terakhir yang kamu inginkan adalah berolahraga. Memang menyusahkan ketika perut bagian bawah merasakan kram kamu juga harus berolahraga. Namun sebenarnya tidak ada penghalang untuk kamu berolahraga. Selain itu berolahraga walaupun sedang menstruasi bermanfaat untuk kamu.

Manfaat Berolahraga Ketika Menstruasi

Manfaat berolahraga baik secara mental ataupun fisik tidak akan hilang hanya karena kamu sedang menstruasi. Sebenarnya, tetap melakukan rutinitas sebagaimana biasanya dapat membantu meredakan rasa tidak enak ketika menstruasi.

Menghindari berolahraga tidak akan bisa menghemat energi atau membuat kamu merasa baikan. Daripada berhenti melakukan aktivitas selama mens, kamu bisa menggunakan ini untuk melakukan olahraga yang berbeda.

Mengurangi PMS, jika kamu mengalami kelelahan dan mood swing ketika atau sebelum kamu mens, melakukan gerakan aerobik dapat mengurangi semua itu.

Menghasilkan Endorphins, karena olahraga dapat membuat tubuh kamu menghasilkan endorphin alami. Endorphin yang mana dapat memperbaiki mood kamu sehingga kamu dapat merasa baikan.

Mengurangi Rasa Sakit, jika kamu mengalami rasa sakit selama mens, yang disebut juga dengan dysmenorrhea, dengan kamu melakukan olahraga ringan seperti berjalan-jalan dapat mengurangi gejala tersebut.

Olahraga Yang Tepat

hari-hari pertama ketika menstruasi biasanya terasa sangat tidak nyaman, terutama jika kamu mengeluarkan darah yang banyak pada awal mens. Oleh karena itu fokuskan pada olahraga yang ringan yang tidak mengandung banyak gerakan.

Jalan Santai, tetap jaga aktivitas olahragamu pada kegiatan yang ringan, jalan santai di pagi atau sore hari merupakan pilihan yang baik untuk kamu. Menurut penelitian paru-paru akan bekerja lebih baik pada siklus mens kamu selanjutnya.

Yoga dan Pilates, dua atau tiga hari menjelang siklus mens kamu, merupakan waktu yang pas bagi kamu untuk melakukan yoga, yang mana dapat membuat tubuh kamu merasa santai dan terdapat kemungkinan mengurangi PMS.

Penting

Sebagaimana halnya macam aktivitas olahraga yang baik ketika kamu sedang mens, adapula aktivitas yang sebaiknya kamu hindari. Kamu harus mengurangi aktivitas olahraga yang membutuhkan energi banyak. Selain itu jika kamu merasakan kelelahan yang tidak seperti baiasanya istirahat terlebih dahulu, dan tinjau ulang aktivitas olahraga kamu.

Kesimpulan

Olahraga secara teratur bermanfaat bagi tubuh dan pikiran. Tidak ada alasan yang ilmiah kenapa kamu tidak melakukannya walaupun kamu sedang menstruasi. Tetap lanjutkan olahragamu, namun ketika mens, kurangi aktivitas yang terlalu intens, terutama jika kamu merasa kelelahan.

Tinggalkan Balasan

Email Anda tidak akan di publikasikan. Bidang yang ditandai * harus diisi