PBB Akhirnya Mengeluarkan Resolusi 48/13

Gebrakan yang dilakukan oleh Dewan Hak Asasi Manusia PBB dengan secara resmi mengakui bahwa akses lingkungan yang sehat merupakan bagian dari hak asasi manusia yang fundamental.

Duta besar dari Kosta Rika, Kepulauan Maldives, Maroko, Slovenia dan Swiss menyusun resolusi 48/13 yang lolos dengan negara yang setuju sejumlah 43. Sedangkan China, India, Jepang dan Rusia memilih abstain.

Komisi Tinggi PBB untuk Hak Asasi, Michelle Bachelet, menegaskan “Saat ini langkah nyata diperlukan untuk memastikan bahwa resolusi atas hak lingkungan sehat ini berfungsi sebagai batu loncatan untuk mendorong perubahan ekonomi, sosial dan kebijakan lingkungan yang akan melindungi alam berserta manusianya.”

Resolusi PBB tersebut sangat diperlukan untuk dapat melawan perubahan iklim. Hal ini dikarenakan perubahan iklim merupakan masalah akibat ulah manusia sendiri. Setiap orang dapat mengambil langkah untuk mencegah terjadinya perubahan iklim. Namun sebagaimana menangani pandemi Covid-19 diperlukan langkah konkret pada tingkatan global policies.

Dampak Perubahan Iklim

Setiap tahun, jurnal ilmiah The Lancet mempublikasikan laporan mengenai perubahan iklim yang berjudul The Lancet Countdown yang mencatat bagaimana dampak perubahan iklim pada kesehatan masyarakat.

Menurut laporan mengenai masalah ini, perubahan iklim berdampak besar pada penurunan kualitas kesehatan:

  • Perubahan iklim, dapat meningkatkan angka transmisi penyebaran penyakit menular. Demam berdarah, diare yang disebabkan oleh patogen Vibrio cholerae dan penyakit yang dibawa oleh nyamuk seperti West Nile Virus merupakan jenis infeksi yang di-amplified oleh pemanasan global.
  • Membuat badai, banjir, kebakaran hutan semakin parah. Parahnya bencana alam yang disebabkan oleh pemanasan global dapat menyebabkan kekurangan pangan dan memperparah masalah kemiskinan.
  • Pemanasan global memperburuk polusi, yang akan berdampak pada kesehatan organ pernapasan dan organ vital lainnya.
  • Meningkatnya gelombang panas sebagai akibat dari pemanasan global berbanding lurus dengan turunnya kualitas kesehatan masyarakat terutama para lansia.
  • Selain masalah kesehatan fisik, perubahan iklim juga akan meningkatkan masalah kesehatan mental.

Oleh karena dampak perubahan iklim semakin nyata langkah-langkah antisipasi global sangat diperlukan seperti Perjanjian Paris dan Resolusi PBB 48/13. Selain itu kamu juga bisa berkontribusi untuk mencegah perubahan iklim dengan mengurangi penggunaan plastik dan menggunakan transportasi umum.