8 Manfaat Semangka Yang Harus Kamu Tahu

Semangka tidak hanya enak, segar, manis dan pas untuk dinikmati ketika udara sedang panas-panasnya. Selain hal itu terdapat 8 manfaat semangka yang harus kamu ketahui.

1. Melawan Peradangan

Semangka mengandung antioxidants seperti lycopene dan vitamin C, yang dua hal itu dapat membantu menangani masalah peradangan dan oxidative stress yang mengakibatkan rasa sakit, pembengkakan dan kondisi kronis lainnya.

Pada sebuah penelitian, tikus uji coba di laboratorium diberi makan bubuk semangka. Tikus itu menunjukkan tingkat peradangan yang rendah dibandingkan tikus lain. Walaupun tikus bukan manusia, namun terdapat sesuatu yang dipetik dalam penelitian itu.

Penelitian lain menunjukkan bahwa mengonsumsi vitamin C dapat mengurangi resiko peradangan.

Selain itu pada sebuah studi yang telah dipublikasikan menemukan bahwa orang yang mengonsumsi 2 cup semangka setiap hari selama sebulan menunjukkan tingkat oxidative stress yang rendah dibandingkan orang yang tida mengonsumsinya.

2. Membantu Tubuh Terhidrasi

Jika kamu susah untuk minum air putih setiap harinya, memakan semangka dapat membantu. Dalam semangka hampir 92 persen merupakan air.

Sehingga mengonsumsi buah ini dapat membantu tubuh kamu tetap terhidrasi.

3. Mengandung Berbagai Macam Nutrisi

Semangka tidak hanya manis di mulut. Buah ini mengandung kadar tinggi vitamin A, vitamin C, potasium, magnesium dan vitamin B.

Satu potong semangka dapat memenuhi 21 persen kebutuhan vitamin C dan 18 persen akan kebutuhan vitamin A.

4. Menjaga Kulit dan Rambut

Semangka yang kaya akan kandungan vitamin A, vitamin C dan vitamin B kompleks sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit dan rambut kamu.

Vitamin C membantu tubuh kamu membentuk collagen. Collagen merupakan protein utama dalam penyusunan kulit. Vitamin A membantu pembentukan dan perbaikan sel kulit. Selain itu lycopene dan beta-caroteneyang terdapat dalam semangka dapat melindungi kulit dari paparan matahari.

5. Membantu Pencernaan

Kunci dari pencernaan yang sehat adalah air dan serat. Hal ini jelas dapat kamu dapatkan dari mengonsumsi semangka. Jadi jika pencernaan kamu terganggu kamu bisa mempertimbangkan buah ini.

6. Melawan Kanker

Semangka yang kaya akan lycopene yang merupakan anti-oksidan yang membuat buah dan sayur bewarna merah. Banyak peneliti yang berfikir bahwa hal itu dapat membantu pencegahan kanker.

Peneliti menunjukkan bahwa lycopene dapat melindungi sel-sel dari kerusakan. Yang dapat mengurangi insulin-like growth factor (IGF), yang berkontribusi pada sel. Pada kadar yang tinggi, IGF dikaitkan dengan kanker.

7. Membuat Jantung Sehat

Lycopene dalam semangka dapat mengurangi kolesterol dan tekanan darah tinggi. Menurut dua penelitian dari tahun 2013 (satu penelitian mengenai obesitas pada perempuan dan satu penelitian pada laki-laki Finlandia), lycopene dapat mengurangi ketebalan dan kekakuan pada pembuluh darah utama, yang mana ketebalan dan kekakuan pembuluh darah itu dikaitkan dengan tekanan darah tinggi.

Semangka juga memiliki citrulline, sebuah asam amino yang mendorong level nitric oxide pada tubuhmu. Nitric oxide membantu pembuluh darah mengembang, dan meregulasi tekanan darah.

8. Membantu Kesehatan Mata

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa lycopene dalam semangka dapat mencegah terjadinya age-related macular degeneration (AMD), sebuah masalah pada mata yang biasanya terjadi pada orang tua. Jika tidak ditangani AMD dapat menyebabkan kebutaan.

Tinggalkan Balasan

Email Anda tidak akan di publikasikan. Bidang yang ditandai * harus diisi