Skin Tag? Yuk Cari Tahu Cara Basminya

Skin tag adalah hal yang lumrah. Hampir separuh orang dewasa memiliki skin tag. Sebelum membahas lebih lanjut apa itu skin tag?

Skin tag merupakan kulit tumbuh yang kecil dan lembek seperti kutil namun lebih kecil. Skin tag dapat muncul di berbagai tempat di tubuh, terutama bagian kulit yang sering bergesekan dengan pakaian.

Sebenarnya skin tag tidak berbahaya namun memang tidak nyaman dan mengganggu penampilan.

Jika merasa terganggu kamu sebenarnya bisa berkonsultasi dengan dokter bagaimana cara yang tepat untuk menghilangkan skin tag

Dipasaran terdapat berbagai macam produk dengan iming-iming dapat menghilangkan skin tag. Mari kita bahas satu persatu bagaimana cara-cara menghilangkanya:

Perban Atau Pembalut Penghilang Skin Tag

Perban penghilang skin tag bekerja dengan menghentikan aliran darah pada skin tag. Tanpa adanya aliran darah maka sel-sel akan mati dan skin tag akan lepas dengan sendirinya. Proses ini disebut ligation.

Perban penghilang tersebut mengandung obat. Jika kamu memasang perban pada tag beberapa hari bahkan minggu, tag-nya akan hilang.

Namun demikian, perlu kehati-hatian dalam memilih produk karena kebanyakan perban penghilang skin tag banyak yang tidak terdaftar di BPOM sehingga keamanan dan keefektifan produk diragukan.

Kream Penghilang Skin Tag

Kream semacam ini bisa bekerja secara efektif. Namun perlu diperhatikan komposisi produk, hindari produk yang mengandung salicylic acid karena hal itu dapat membuat kulit iritasi dan menyenbabkan contact dermatitis.

Intruksi penggunaan kream ini direkomendasikan untuk diaplikasikan setelah skin tag dibersihkan dahulu dengan alkohol. Pembersihan ini untuk menjamin kream yang diaplikasikan dapat terserap sempurna.

Alat Pembeku

Dalam kondisi klinis, petugas kesehatan akan menggunakan nitrogen cair untuk menghilangkan skin tags. Cara ini disebut cryotherapy.

Nitrogen cair yang bersuhu sekitar -195 derajat Celcius diperlukan untuk membekukan skin tags. Setelah skin tag membeku maka dapat diangkat dari kulit.

Selain dilakukan di tempat klinis seperti di rumah sakit. Terdapat banyak produk yang dijual di pasaran dalam bentuk kit pembeku.

Jika kamu tidak mengerti betul cara menggunakan kit pembeku sebaiknya jangan dilakukan.

Sari Cuka Apel

Banyak orang percaya bahwa sari cuka apel dapat menghilangkan skin tag bahkan kutil.

Biasanya orang-orang mencoba hal ini dengan meneteeskan pada skin tag selama 10 menit sehari tiga kali hingga skin tag menghilang.

Terdapat kemungkinan bahwa hal ini bisa menghilangkan skin tag. Namun perlu diperhatikan sari cuka apel bersifat sangat asam, sehingga dapat menyebabkan iritasi.

Memotong Dengan Pemotong Kuku

Hal ini bagi kamu yang memiliki skin tag mungkin ingin mencoba hal ini. Namun perlu di garis bawahi hanya lakukan hal ini dengan persetujuan tenaga kesehatan. Karena hal ini dapat menyebabkan infeksi dan malah memperparah kondisi kulit.

Selain infeksi hal yang perlu diperhatikan adalah pendarahan apalagi jika skin tag berukuran lebih dari 2 cm.

Bagaimana Cara Menghilangkan Skin Tag Yang Benar

Cara yang benar adalah yang dilakukan oleh tenaga kesehatan. Jika kamu konsultasi ke dokter, kemungkinan dokter akan melakukan hal ini:

  • Cauterization: dengan cara membakar skin tag. Kebanyakan tag akan hilang 2-3 kali treatment.
  • Cryotherapy: dengan membekukan skin tag menggunakan nitrogen cair. 1-2 kali treatment tag akan hilang.
  • Ligation: tenaga kesehatan akan mengikat skin tag untuk mengahmbat aliran darah. Sehingga skin tag dapat hilang.
  • Excision: tenaga kesehatan memotong skin tag.

Skin tag merupakan hal yang kosmetik. Sehingga kemungkinan tidak tercover oleh BPJS Kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Email Anda tidak akan di publikasikan. Bidang yang ditandai * harus diisi