Giliran Romania Diterpa Covid-19

Kasus kenaikkan Covid-19 bermunculan di berbagai belahan dunia. Negara pertama yang diterpa gelombang Covid-19 adalah China yang kemudian berganti ke Italia setelah itu Amerika Serikat, setelahnya India dan Indonesia.

Kali ini negara yang diterpa adalah Romania. Banyak orang di Romania yang masuk rumah sakit sehingga menyebakan fasilitas kesehatan kewalahan menanganinya. Terakhir Romania meminta tolong pada NATO (North Atlantic Treaty Organization) untuk dibimbingan.

Dokter-dokter di Romania sebagaimana laporan dari Associated Press sampai mengeluarkan permohonan pada publik, mengatakan bahwa mereka “putus asa” yang mana angka infeksi dan kematian terus menerus naik. Surat yang kemudian dipublikasikan pada website resmi CMMB, IDI-nya Romania yang berpusat di Bucharest.

Naiknya Kasus Covid-19

Menurut dara dari WHO, kasus Covid-19 di Romania mulai naik tajam pada mulai akhir musim panas.

Hingga saat ini, laporan dari worldometer tentang Romania, negara dengan populasi 19 juta jiwa, memiliki kasus Covid-19 sebanyak sekitar 1.6 juta dan 46.911 kasus kematian akibat Covid-19.

Hampir 25 persen kasus tersebut terdiagnosis pada bulan lalu.

Pada data yang dimiliki oleh John Hopkins University, Romaniaa memiliki rasio kematian sebanyak 2.87%. Yang paling tinggi seantero Uni Eropa, bahkan Inggris hanya memiliki rasio 1.57%.

Pada 10 Oktober, Presiden Romania Klaus Iohannis mengatakan “ saya mendapati data hari ini mengenai pandemi. Kita memiliki hampir 15.000 kasus. Sangat disayangkan, kita mendapati 330 kasus kematian hari ini. Ini bencana”.

Hampir 90 persen kasus kematian akibat Covid-19 karena tidak mendapatkan vaksin.

Vaksinasi

Terdapat empat vaksin yang tersedia secara gratis bagi rakyat Romania; Pfizer, Johnson&Johnson, Moderna dan AstraZeneca.

Sedangkan rata-rata vaksinasi di Uni Eropa berkisar 75 % namun Romania tertinggal jauh di sekitaran 37% vaksinasi.

Rendahnya angka vaksinasi ini membuat pemerintah Romania mengeluarkan kebijakan pembatasan untuk menekan angka infeksi. Kebijakan ini hanya mengizinkan orang yang sudah melakukan vaksinasi saja untuk dine out dan menerapkan jam malam pada orang yang belum divaksinasi

Selain itu pemerintah Romania meluncurkan kampanye vaksinasi dengan memberikan voucher makan bagi warga yang melakukan vaksinasi dan melakukan undian berhadiah uang.

Tinggalkan Balasan

Email Anda tidak akan di publikasikan. Bidang yang ditandai * harus diisi