Apa Sih Gen Itu?

Semua benda hidup (hewan (manusia juga termasuk), tumbuhan, jamur, bakteri, virus) memiliki gen. Namun apasih gen itu? Kenapa Gen penting dalam benda hidup?

Gen disusun dari senyawa yang disebut deoxyribonucleic acid atau yang kita kenal dengan DNA. DNA memberikan intruksi pada benda hidup bagaimana membuat molekul protein.

Rekayasa genetik yang dilakukan oleh para ahli dapat bermanfaat bagi kehidupan manusia secara fisik. Sebagai contoh rekaya genetik terhadap tanaman padi yang kebal hama dapat meningkatkan produksi pertanian.

Apa Itu Gen?

Gen merupakan bagian DNA yang bertugas pada pelbagai fungsi seperti membuat protein. Untaian panjang DNA dengan berbai macam gen membentuk chromosomes. Molekul DNA dapat ditemukan di chromosomes. Chromosomes berada di dalam nukleus sel.

Setiap chrmosomes merupakan satuan molekul panjang DNA. DNA memiliki informasi penting mengenai genetik.

Chromosomes memiliki struktur yang unik, yang mana membantu menjaga DNA tetap utuh dalam protein yang disebut histones. Jika molekul DNA tidak diikat dengan histones, maka DNA tidak akan muat dalam sel.

Gen membawa kompleksitas. Dalam manusia, ukuran DNA berkisar 2 juta base.

Berbeda benda hidup berbeda pula bentuk dan jumlah chromosomes. Manusia memiliki 23 pasang chromosomes atau 46 chromosomes. Keledai memiliki 31 pasang chromosome, landak memiliki 44 dan lalat buah hanya 4.

DNA memiliki intruksi biologis yang membentuk setiap spesies menjadi unik.

DNA diturunkan oleh organisme dewasa ke organisme baru selama reproduksi. Blok pembangun DNA disebut nucleotides. Nucleotides memiliki tiga kelompok: kelompok phosphate, kelompok gula dan salah satu dari empat basa nitrogen.

Dibuat Dari Apa?

Gen terdiri dari kombinasi panjang dari 4 jenis basa nucleotides. Terdapat berbagai jenis kombinasi dari keempat nucleotides itu.

Keempat itu merupakan:

  • A (adenine)
  • C (cytosine)
  • G (guanine)
  • T (thymine)

Perbedaan kombinasi dari empat huruf itu ACGT menjadikan seseorang memiliki karakteristik masing-masing. Contoh, seorang dengan kombinasi ATCGTT akan memiliki mata biru, sedangkan orang dengan kombinasi ATCGCT akan memiliki mata cokelat.

Gen membawa kode ACGT yang mana setiap orang memiliki ribuan gen. Gen mirip dengan program komputer yang menjadikan setiap orang sepeti itu.

Sebuah gen merupakan seksi kecil dari molekul double helix DNA, yang mana terdiri dari sekuen linear dari base pairs.

DNA merupakan kimiawi yang berujud untaian. Setiap sel dalam seorang manusia memiliki DNA yang sama namun setiap orang berbeda DNA.

DNA dibuat dari dua pasang untaian panjang yang berbentuk double helix. Setiap untaian memiliki jutaan blok pembangun kimiawi yang disebut basa.

Fungsi

Gen menentukan hampir semua tentang benda hidup. Satu atau lebih gen dapat mempengaruhi karakteristik tertentu. Gen dapat berinteraksi dengan lingkungan juga dan dapat terjadi perubahan akibat lingkungan.

Gen memengaruhi ribuan faktor internal dan eksternal, seperti jika apakah orang dengan warna mata tertentu lebih rentan penyakit.

Beberapa penyakit seperti anemia sel sabit dan penyakit Huntington dapat diwariskan ke keturunan, yang mana hal ini dipengaruhi oleh gen.

Dari Mana Gen Itu?

Gen merupakan unit dasar yang diwariskan pada benda hidup. Gen berasal dari kedua orang tua kita. Bisa saja kita mewarisi karakter fisik yang sama dan penyakit yang sama dengan orang tua kita.

Gen berisikan data yang dibutuhkan untuk membangun dan menjaga sel dan mewariskan informasi genetik ke keturunan.

Setiap sel memiliki 2 set chromosomes; yang satu set berasal dari ibu dan satu set dari ayah. Sperma dan telur masing masing memiliki satu set dari 23 chromosomes, termasuk 22 autosomes ditambah chromosome sex X dan Y.

Perempuan mewarisi chromosome X dari setiap kedua orang tua, sedangkan laki-laki mewarisi chromosome X dari ibu dan chromosome Y dari ayah.

Tinggalkan Balasan

Email Anda tidak akan di publikasikan. Bidang yang ditandai * harus diisi