Kamu Ingin Berat Badan Turun? Coba 5 Hal Ini!

Kamu ingin menurunkan berat badan. Berikut beberapa metode yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Berpuasa

Dengan menerapkan pola makan yang berjarak jauh terbukti dapat menurunkan berat badan. Namun berbeda dengan puasa sebagai ibadah. Kamu diharuskan untuk tetap menjaga tubuh terhidrasi dengan baik. Di Barat pola makan seperti ini disebut dengan intermitten fasting. Ingat ketika makan porsi tetap dalam batasan normal sebagaimana kamu makan biasanya.

2. Mencatat apa yang dimakan dan berolahraga

Jika kamu ingin menurunkan berat badan, kamus harus hati-hati apa yang kamu makan dan minum setiap hari. Cara yang paling baik untuk tahu apa saja yang kamu makan atau minum adalah dengan mencatatnya.

Selain mencatat apa dan kapan kamu makan. Kamu juga harus mencatat secara baik kapan dan seberapa lama kamu berolahraga. Terdapat banyak aplikasi yang ada di app strore yang bisa kamu gunakan untuk mencatat hal-hal itu. Pada sebuah penelitian terdapat korelasi positif antara mencatat hal-hal itu dengan penurunan berat badan.

3. Menikmati Makanan

Jika kamu terbiasa makan cepat, kamu harus segera mengubah pola ini. Ketika makan tidak perlu terburu-buru. Nikmati makanan yang kamu santap, jangan menonton TV atau video. Selain hal ini secara etika lebih baik. Makan perlahan dapat membantu perut kamu untuk memberikan sinyal kenyang yang tepat. Manikmati makanan atau istilah lainnya eating mindfully berkorelasi positif dengan penurunan berat badan.

4. Makan Makanan Kaya Protein

Protein dapat membantu meregulasi hormone lapar sehingga kamu tetap merasa kenyang. Hal ini disebabkan oleh penurunan hormon lapar ghrelin dan menaikan hormon satiety peptide YY, GLP-1 dan cholecystokinin.

Penelitian pada orang young-adults memperlihatkan bahwa efek hormonal dari memakan makanan kaya protein ketika sarapan dapat bertahan beberapa jam.

5. Hindari Gula dan Minuman Berkarbonasi

Jika kamu suka minum cola atau sejenisnya. Hentikan sekarang. Banyak penelitian menunjukkan bahwa sering meminum minuman berkarbonasi yang kaya gula dapat membuat seseorang mengalami kegemukkan.

Kandungan gula yang tinggi dalam makanan atau minuman menyebabkan tubuh dengan cepat memproses glukosa. Kelebihan glukosa masuk ke dalam aliran darah dan memngaktifkan hormon insulin untuk menyimpan glukosa sebagai lemak dalam adipose tissue.

Tinggalkan Balasan

Email Anda tidak akan di publikasikan. Bidang yang ditandai * harus diisi