Stretch Marks! Cegah Sebelum Terlambat

Seperti karet yang kehilangan elastisitasnya. Kulit manusia juga dapat mengalami hal tersebut. Stretch Marks merupakan garis-garis putih pada kulit biasanya muncul pada bagian pinggang, selangkangan, perut bagian bawah dan payudara.

Penyebab terjadinya stretch marks sangatlah beragam. Mulai akibat bertambah atau berkurangnya berat badan secara cepat, latihan kebugaran hingga kehamilan. Untuk kamu yang meminum steroid dang menggunakan kream cortisone resiko terjadinya strecth marks akan meningkat, karena steroid mengancurkan jaringan tissue pada kulit. Selain itu faktor genetik juga menyumbang terjadinya stretch marks.

Apa yang sebenarnya terjadi. Pada masa awal stretch mark akan terlihat bewarna kemerahan, tampak terangkat dan terasa gatal karena robeknya pembuluh darah ketika kulit meregang dengan cepat. Ketika kerusakan sudah terjadi kulit akan sembuh namun meninggalkan bekas yang berparut dan garis-garis itu kemudian berubah warna menjadi putih yang beberda dengan warna kulit.

Pengobatan. Sayangnya belum ada pengobatan atau perawatan yang terbukti dan efisien dalam mengatasi masalah ini. Terlepas dari kemajuan pengobatan luar, untuk mengatasi stretch marks masih belum ada. Namun terdapat cara yang bisa kamu lakukan.

Ketika garis-garis tersebut masih terlihat kemerahan segera oleskan kream tretinoin setiap hari selama enam bulan berturut-turut. Tretinoin bekerja dengan menstimulasi jaringan kulit baru, yang pada akhirnya dapat memperbaiki garis-garis tersebut.

Ketika stretch mark sudah bewarna putih akan sulit untuk dirawat. Perawatan dengan sinar laser mungkin dapat membantu memudarkan bekas-bekas garis itu. Namun metode ini masih mahal untuk dijangkau kalangan menengah ke bawah Indonesia.

Cara efektif. Hal yang paling mudah untuk kamu lakukan adalah mencegahnya. Walaupun ada faktor genetik yang mempengaruhi stretch marks, terdapat beberapa hal yang bisa kamu terapakan. Hindari kenaikan atau penurunan berat badan yang cepat, pastikan pula makanan yang kamu makan mengandung tinggi protein. Selain itu rutin meminum collagen dan vitamin C dapat membantu kulit tubuh untuk cepat memperbaiki kerusakan.

Tinggalkan Balasan

Email Anda tidak akan di publikasikan. Bidang yang ditandai * harus diisi