Yang Terjadi Ketika Berhenti Merokok

Merokok merupakan salah satu penyebab terjadinya kanker bahkan kematian. Karena kandungan nikotin dalam rokok banyak perokok yang susah untuk berhenti. Nah dalam artikel ini akan membahas apa yang terjadi jika kamu berhenti merokok.

Manfaat berhenti merokok dapat kamu rasakan hanya dalam hitungan jam. Namun kamu harus tetap berusaha untuk tidak merokok karena merokok merupakan lingkaran candu yang harus kamu lawan.

Setelah 1 jam

Sekurang-kurangnya 20 menit setelah rokok yang kamu hisap padam, ritme detak jantung akan turun kembali normal. Selain itu juga tekanan darah akan ikut turun dan sirkulasi darah akan membaik.

Setelah 12 jam

Rokok memiliki berbagai zat berbahaya seperti karbon monokside, gas yang ada dalam kepulan asap rokok.

Gas ini dalam dosis tinggi dapat berakibat fatal karena gas ini mencegah oksigen untuk masuk ke paru-paru dan darah. Ketika gas ini terhirup dalam jumlah besar dan dalam waktu singkat, sulit bernafas dapat terjadi karena pasokan oksigen yang kurang dalam paru-paru.

Setelah 12 jam tanpa rokok, tubuh akan membersihkan dari sisa-sisa karbon monokside. Kadar karbon monokside akan kembali dalam takaran normal, selain itu level oksigen akan meningkat.

Setelah 1 hari

Hanya 1 hari berhenti merokok maka resiko terjadinya serang jantung akan turun.

Merokok meningkatkan resiko penyakit-penyakit jantung karena menurunkan kadar kolesterol baik, sehingga membuat jantung lebih sulit untuk memompa darah. Dengan merokok akan menaikkan tekanan darah sehingga menaikkan kemungkinan terjadinya penyumbatan darah.

Setelah 2 hari

Merokok merusak sistem indera penciuman dan perasa seseorang. Dengan berhenti merokok selama dua hari, kamu akan merasakan perbedaan di hidung dan lidah kamu.

Setelah 3 hari

Tiga hari berhenti merokok, level nikotin pada tubuh kamu akan turun tajam. Nah, penurunan tajam ini akan menyebabkan kamu ingin sekali kembali merokok. Selain itu kamu juga akan merasa tegang, sakit kepala, karena tubuhmu sedang dahaga nikotin.

Setelah 1 bulan

Selama satu bulan berhenti merokok fungsi paru-paru akan membaik. Karena membaik, kapasitas paru-paru akan meningkat, kamu akan merasakan ketika bernafas akan lega, dan ketika berolahraga tidak kehabisan nafas seperti ketika kamu merokok.

Setelah 1-3 bulan

Pada beberapa bulan kamu akan merasakan perbaikan dalam kesehatan kamu. Karena paru-parumu sedang proses penyembuhan.

Setelah 9 bulan

Setelah sembilan bulan, paru-paru akan sembuh secara signifikan. Struktur rumit yang seperti rambut dalam paru-paru atau yang disebut cilia akan kembali aktif.

Setelah 1 tahun

Setelah setahun berhenti merokok, kamu sudah memangkas separuh resiko penyakit jantung. Resiko ini akan turun tiap tahun.

Setelah 5 tahun

Rokok memiliki zat berbahaya yang menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Zat yang sama juga akan menaikkan resiko penyumbatan darah.

Setelah 5 tahun tanpa merokok, tubuh akan sembuh sendirinya dan pembuluh darah akan melebar seperti semula.

Keuntungan Berhenti Merokok

Merokok merupakan kebiasaan buruk yang dapat memicu berbagai penyakit. Beberapa efek seperti tekanan darah yang turun akan dirasakan hanya dalam hitungan menit kamu berhenti merokok.

Kandungan nikotin dalam rokok akan membuat kamu kesusahan untuk berhenti merokok. Kamu harus memantapkan niat, dan menghindari aktivitas yang memicu keinginan untuk merokok seperti berkumpul dengan perokok.

Tinggalkan Balasan

Email Anda tidak akan di publikasikan. Bidang yang ditandai * harus diisi