Olahraga Meningkatkan Fungsi Otak

Jika kamu ingin menurunkan berat badan dan menjaga berat badan tetap ideal, olahraga merupakan hal wajib yang harus kamu lakukan. Namun manfaat olahraga tidak hanya berhenti pada soal berat badan saja. Menurut penelitian berolahraga memiliki manfaat kognitif dan motorik dan emosional.

Dengan fitness secara teratur menunjukkan manfaat yang besar pada aspek kesehatan seperti menurunkan resiko kanker, stroke, penyakit jantung, mengencangkan otot dan menjaga kesehatan tulang.

Olahraga juga dikaitkan dengan kesehatan mental. Menurut penelitian yang dipublikasikan pada jurnal Circulation menemukan bahwa olahraga, walaupun tidak mengurangi berat badan dapat membuat kamu hidup lebih panjang.

Terdapat manfaat olahraga yang mungkin bagi kamu yang kesulitan mencari waktu untuk berolahraga yaitu kamu bisa mendapatkan manfaat yang sama dengan berolahraga beberapa menit saja dalam sehari. Menurut Dr. Berger sebagaimana dikutip dari everyday health bahwa dengan olahraga 15 menit sehari dapat menurunkan lemak tubuh dan meningkatkan masa otot.

Pada jurnal American Journal of Health Promotion, para peneliti dari Oregon State University menemukan bahwa aktivitas olahraga yang setidaknya 30 menit sehari sama manfaatnya dengan olahraga penuh di tempat gym.

Kamu tidak memerlukan keringat yang membasahi baju untuk mendapatkan manfaat olahraga. Menurut physical activity guidlines yang dikeluarkan oleh Center for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat, bahwa olahraga dengan intensitas sedang selama 150 menit dan dua kali dalam seminggu memiliki manfaat yang sama dengan 75 menit olahraga dengan intensitas tinggi selama dua minggu sekali.

Baik Untuk Otak

Peneliti menemukan dengan bertambahnya usia, olahraga dapat membantu kesehatan otak. Tiga penelitian yang dipresentasikan pada Konferensi Internasional Asosiasi Alzheimer 2015 menunjukkan bahwa olahraga memerankan peranan penting dalam melindungi otak dari penyakit Alzheimer dan berbagai macam demensia lainnya dan dapat membantu meningkatkan fungsi otak dan gejala depresi atau anxiety.

Pada Penelitian yang dipublikasikan pada jurnal Neurolmage pada 2017 menunjukkan bahwa aerobik dapat membantu meningkatkan fungsi ingatan dan menjaga kesehatan otak. Penelitian tersebut dipimpin oleh peneliti dari National Institute of Complementary Medicine at Western Sydney University, Australia. Dengan partisipan berjumlah 737 orang dengan usia dari 26 hingga 76. Para peneliti menemukan bahwa olahraga seperti berlari, bersepeda, berjalan dapat menurunkan kerusakan otak sebagaimana bertambahnya usia.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada jurnal Neuropsychologia menemukan bahwa dengan berolahraga dengan dengan diselingi intensitas tinggi yang pendek dapat bermanfaat pada otak. Oleh karena olahraga dapat meningkatkan dan menjaga kesehatan otak terutama jika pekerjaan kamu membutuhkan konsentrasi tinggi jangan lupa untuk berolahraga.

Tinggalkan Balasan

Email Anda tidak akan di publikasikan. Bidang yang ditandai * harus diisi