Perhatikan Ini Sebelum Menikmati Makanan

Terdapat beberapa langkah sebelum makanan dapat dinikmati. Mulai dari peternak atau petani, distributor, toko atau pasar hingga meja makan. Dari rantai produksi makanan tersebut terdapat kemungkinan kontaminasi yang bisa mengakibatkan keracunan makanan.

Produksi

Para petani dan peternak menghasilkan bahan makanan yang akan kita makan. Kebanyakan daging berasal dari hewan yang domestik seperti ayam, sapi, babi, kerbau dan ikan. Dalam produksi terdapat kemungkinan kontaminasi. Sebagai contoh:

  • Jika induk ayam terinfeksi penyakit SARS seperti yang pernah terjadi pada awal 2000, terdapat kemungkinan telur maupun daging ayam tersebut tetap mengandung virus berbahaya.
  • Dipertanian petani yang menyirami sawah atau ladangnya dengan air yang terkontaminasi maka kemungkinan sayur atau buah akan tetap terkontaminasi.

Pemrosesan

Sebelum di jual daging atau hasil pertanian itu akan melewati pemrosesan untuk selanjutnya di distribusikan. Dalam proses ini terdapat kemungkinan terjadi kontaminasi seperti:

  • Air yang digunakan untuk membersihkan sayur atau buah, jika air tersebut terkontaminasi maka dapat tetap menjadikan sayur dan buah itu terkontaminasi.
  • Selama proses penyembelihan hewan, jika tidak terjaga kebersihannya maka kontaminasi dapat terjadi.
  • Selain itu proses pengepakan perlu diperhatikan pula agar wadah yang digunakan tetap terjaga kehigienisannya.

Distribusi

Dalam distribusi terdapat kemungkinan pula terjadi kontaminasi terutama menyangkut pendistribusian daging. Diperlukan pendinginan yang baik selama pendistribusian. Karena dengan naiknya temperatur maka bakteri juga akan meningkat. Selain itu alat transportasi yang digunakan juga harus terjaga kebersihannya.

Masak

Ketika bahan-bahan yang akan digunakan sudah siap. Maka yang perlu diperhatikan adalah mencuci tangan sebelum proses masak, selain itu mencuci bahan bahan supaya insektisida atau zat lain bisa hilang. Kebersihan dapur juga perlu untuk tetap dijaga kebersihannya. Masak sampai matang, jika undercooking terdapat kemungkinan bakteri atau virus itu menetap dimakanan. Penyimpanan makanan di lemari pendingin perlu diperhatikan suhu dan kebersihannya. Pastikan suhu di sekitar 4 derajat Celcius.

Tinggalkan Balasan

Email Anda tidak akan di publikasikan. Bidang yang ditandai * harus diisi