5 Makanan Dunia yang Sehat dan Lezat!

Banyak macam makanan yang ada di dunia ini yang lezat dan bernutrisi.

Berbagai macam masakan menitikberatkan pada hal yang alami serta makanan yang tanpa dimasak atau dimasak pas tidak lebih tidak kurang. Berikut ini merupakan makanan dari penjuru dunia yang tidak hanya lezat namun juga tinggi nutrisi. Kamu bisa membaca resep-resep secara online dan menyajikannya di rumah.

1. Yunani

Makanan dari Yunani ini terkenal akan tinggi nutrisi sehingga banyak yang menyarankan diet menggunakan makanan dari Mediterania ini.

Fakta menarik, makanan Mediterania diyakini berasal dari pulau Kreta, yang merupakan populasi terbanyak dari kepualuan Yunani.

Menurut beberapa penelitian, warga Kreta memiliki ekspetasi hidup yang tinggi serta resiko penyakit jantung yang rendah dibandingkan negara-negara lain, hal ini disebabkan makanan yang mereka santap sangat kaya nutrisi dan sehat.

2. Jepang

Secara tradisi masyarakat Jepang dalam hidangan yang di santap kaya akan ikan laut dan sayuran yang segar, yang mana menjadikan alasan kenapa orang Jepang memiliki angka harapan hidup paling tinggi dibandingkan negara lain.

Ikan secara khusus merupakan hidangan utama dalam makanan Jepang, yang mana kaya akan omega 3.

Selain itu kacang yang difermentasikan mengandung probiotic, yang kaya akan bakteri baik dalam pencernaan.

3. Meksiko

Hidangan dari tempat lahirnya Zapatista ini kaya akan kacang-kacangan, buah dan sayuran yang lezat dan bergizi.

Kacang polong yang sering digunakan sebagai menu utama, merupakan sumber nutrisi seperti magnesium, besi, potasium dan zink.

Selain itu alpukat, jagung, tomat, cabai merupakan sumber vitamin serta mineral yang baik bagi tubuh.

4. Korea

Bersama berkembangnya K-Pop makanan dari Korea juga dicari-cari oleh para penggemarnya di seluruh penjuru dunia.

Salah satu makanan yang populer serta sehat dari dua negara yang terbelah karena perang ini adalah kimchi, yang merupakan sayuran yang difermentasikan.

Bukan hanya karena mengandung probiotic, melainkan juga mengandung bahan-bahan yang bernutrisi seperti ginseng, cabai merah dan bawang yang mana berguna dalam menurunkan kolesterol dalam darah.

Banyak santapan dari negara yang melahirkan Kim Jong Un ini yang menggunakan bumbu seperti gochujang, pastacabai merah yang difermentasikan yang mana baik untuk kesehatan pencernaan.

Penting untuk dicatat bahwa banyak makanan yang difermentasikan, membuat kadar sodium menjadi tinggi.

5. Thailand

Makanan dari negeri seribu candi ini kaya akan sayuran, yang mana menjadikan makanan menjadi sehat.

Hampir mirip dengan masakan dari Asia Tenggara lainnya, rempah rempah seperti kunir, serai, jahe merupakan bumbu utama dalam masakan Thailand.

Kunir terutama mengandung zat yang disebut dengan curcumin, yang mana menurut penelitian mengandung anti oksidan serta dapat mencegah peradangan.

Kesimpulan

Mungkin kamu bertanya-tanya kog masakan Indonesia tidak dimasukkan. Secara tradisi banyak masakan Indonesia terutama dari Jawa Barat, dan Indonesia bagian timur yang lezat serta bergizi. Namun banyak pula masakan yang proses memasaknya terlalu lebih overcook seperti masakan dari Jawa Tengah.

Untuk makanan yang sehat sebaiknya proses memasaknya tidak overcook dan untuk sayuran sebaiknya cukup direndam dalam air panas sebentar, dengan tujuan hanya untuk mematikan bakteri.

Selamat bereksperimen dan nikmati makanan yang lezat dan bernutrisi.

Tinggalkan Balasan

Email Anda tidak akan di publikasikan. Bidang yang ditandai * harus diisi