5 Bahan Alami Untuk Mengatasi Eksim Pada Kulit

Kamu dapat menggunakan krim, produk alami, dan pola makan yang sehat untuk mencegah eksim, terutama dalam cuaca yang ekstrim.

Bahan-bahan alami seperti lidah buaya dan minyak kelapa dapat membantu melembabkan kulit kering. Selain itu juga membantu melawan peradangan dan membunuh bakteri.

Bahan-Bahan alami ini tidak dapat menyembuhkan eksim, namun dapat membantu menangani gejala dan mencegah penyebaran eksim.

1. Gel Lidah Buaya

Selama ribuan tahun lidah buaya digunakan untuk melembutkan dan mengurangi gatal yang ditimbulkan oleh eksim.

Sebuah penelitian yang mencari tahu efek lidah buaya pada kesehatan manusia, para peneliti menemukan bahwa gel lidah buaya bermanfaat:

  • anti bakteri
  • anti mikroba
  • menaikkan sistem kekebalan tubuh
  • menyembuhkan luka

Efek anti bakteri dan anti mikroba dapat mencegah infeksi pada kulit, yang mana kemungkinan besar terjadi ketika seseorang memiliki kulit kering dan pecah-pecah. Kegunaan lidah buaya dapat membantu melembabkan dan mengurangi kulit rusak.

2. Sari Cuka Apel

Sari cuka apel merupakan salah satu bahan yang umum digunakan untuk mengatasi berbagai kondisi termasuk masalah kulit.

National Eczema Association (NEA) melaporkan bahwa sari cuka apel dapat membantu mengatasi kondisi kulit yang kering dan pecah-pecah.

Namun perlu diperhatikan bahwa asam dari apel ini dapat merusak lapisan kulit. Belum ada penelitian yang mengonfirmasi bahwa sari cuka apel dapat membantu mengurangi gejala eksim, namun terdapat beberapa alasan kenapa bahan ini dapat membantu:

  • Menyeimbangkan level keasaman kulit
  • Membunuh bakteri

3. Bleaching

Ya, mungkin aneh dan berbahaya, namun peneliti mengindikasikan bahwa mandi dengan air yang mengandung bleaching dapat membantu mengatasi gejala eksim.

Bleaching dapat membunuh bakteri pada permukaan kulit, termasuk S. Aureus, yang mana menyebabkan infeksi staph.

Menurut laporan penelitian mengidentifikasikan bahwa mandi dengan air yang mengandung belaching dapat mengurangi kebutuhan salep corticosteroid atau perawatan antibiotik. Walau demikian penelitian lain tidak menemukan manfaat dari mandi dengan air yang mengandung belaching.

4. Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung asam lemak yang dapat menambah kelembaban dalam kulit, yang mana dapat membantu orang dengan kulit kering dan eksim.

Selain itu, minyak kelapa dapat melindungi kulit dengan melawan peradangan dan memperbaiki skin barrier.

Percobaan klinis acak untuk mengetahui manfaat minyak kelapa pada kulit anak-anak. Hasilnya menunjukkan bahwa menggunakan minyak ini selama delapan bulan dapat memperbaiki geja eksim.

5. Madu

Madu merupakan antibakteri alami dan anti peradangan. Orang telah menggunakannya sejak ribuan tahun silam.

Menurut penelitian, ditemukan bukti bahwa madu dapat mempercepat penyembuhan luka dan mendorong sistem kekebalan tubuh.

Penelitian lain menjelaskan bahwa madu berguna untuk merawat masalah kulit lain seperti terbakar karena fungsi antibakterial yang terkandung pada madu.

Tinggalkan Balasan

Email Anda tidak akan di publikasikan. Bidang yang ditandai * harus diisi