Apa itu Psoriasis?

Psoriasis merupakan penyakit sistem kekebalan tubuh yang menyebabkan plak, yang mana plak itu terasa gatal atau perih dan terjadi penebalan, perubahan warna serta menjadikan kulit kering.

Kemungkinan seluruh bagian badan dapat terkena psoriasis, umunya bagian seperti siku, lutut, tengkuk, wajah, telapak tangan dan kaki.

Seperti penyakit auto-inflammatory lainnya, psoriasis terjadi ketika sistem kekebalan tubuh – yang normalnya menyerang bakteri atau virus – malah menyerang sel-sel tubuh yang sehat.

Gejala Psoriasis

Plak psoriasis memiliki beragam bentuk mulai dari titik-titik kecil mirip ketombe hingga melebar pada area luas. Gejala penyakit ini dan tanda-tanda yang muncul berbeda-beda tiap tipe dan keparahan psoriasisnya.

Beberapa tanda dan gejala meliputi:

  • perubahan warna pada area kulit atau plak pada kulit menebal.
  • Kulit kering dan retak yang berdarah
  • rasa panas, gatal, perih dekat area plak
  • kuku yang menebal
  • sendi-sendi yang membengkak

Penyebab dan Faktor Resiko Psoriasis

Secara umum psoriasis merupakan kondisi genetik yang diwariskan.

Menurut James W. Swan, MD, profesor dermatologi pada Loyola University Stritch School of Medicine di Illinois Amerika dikutip dari everydayhealth “kemungkinan multi gen terpengaruh untuk membuat psoriasi muncul dan terdapat pemicu dari faktor luar, seperti infeksi”.

Faktor resiko lain seperti obesitas dapat menaikkan kemungkinan terjadinya psoriasis.

Menurut National Psoriasis Foundation (NPF), sedikitnya 10 % orang yang mewarisi gen yang dapat membuat psoriasis terjadi, namun hanya 3% atau kurang yang pada akhirnya terjadi psoriasis.

Oleh karena hal ini, diyakini bahwa penyakit ini disebabkan faktor kombinasi antara genetik dan faktor luar yang menjadi pemicunya.

Tinggalkan Balasan

Email Anda tidak akan di publikasikan. Bidang yang ditandai * harus diisi