Sampah Plastik Menjadi Mikro Plastik Menghantui Manusia

Penelitian terbaru yang dipublikasikan pada Journal of Hazardous Materials, yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Hull dan Evangelos Danopoulus yang memimpin penelitian ini, yang mana menjadi kandidat doktor pada Hull York Medical School.

Sebagaimana dikutip dari medicalnewstoday Danopolous menjelaskan bahwa peneliatian yang dilakukan menunjukkan hasil bahwa mikro-plastik dikonsumsi oleh manusia dalam kadar yang berbahaya bagi sel-sel tubuh, yang mana dalam banyak kasus memperlihatkan efek samping bagi kesehatan.

Mikro-Plastik

Mikro-plastik atau disingkat MP merupakan partikel plastik dengan ukuran lebih kecil dari 5 milimeter. Mp berasal dari proses proses penurunan kualitas plastik dan kondensasi melalui pemanasan atau pembakaran plastik di atmosfer.

Peneliti menemukan MP di mana-mana: di laut dalam, di salju di Kutub Utara, di lautan Antartika. Makanan laut, garam dan air minum juga mengandung MP dengan kadar tinggi dan hal ini menjadi fokus penelitian karena berhubungan dengan manusia.

Efek

Penelitian ini memfokuskan pada 5 variabel efek dari kontaminasi MP pada sel-sel tubuh, seperti:

  • keberlangsungan hidup sel
  • efek pada respon imun sel
  • kemampuan mempenetrasi dinding sel
  • level kerusakan sel
  • kemampuan untuk mengubah struktur genetik sel

Hasil analisis menunjukkan empat efek pertama yang memengaruhi kesehatan sel. Data juga menunjukkan keberlangsungan hidup sel tergantung pada bentuk MP, dengan bentuk yang tak beraturan menjadi hal yang berbahaya dan dapat menyebabkan kematian sel.

Paparan MP

berikut ini merupakan paparan yang paling umum:

Seafood

MP telah menkontaminasi seluruh aspek kehidupan laut, termasuk makanan laut yang kita makan. Makanan laut menjadi sumber utama dari kontaminasi MP.

Garam

Garam menjadi perhatian oleh para peneliti. Terutama garam yang berasal dari perairan dengan ekosistem buruk.

Air

Beberapa penelitian mengonfirmasi bahwa air sumur hingga air minum dalam kemasan menjadi sumber masuknya MP pada tubuh manusia.

Tinggalkan Balasan

Email Anda tidak akan di publikasikan. Bidang yang ditandai * harus diisi