Awas Kolesterol Jahat Merusak Hari Tuamu

Kolesterol merupakan zat yang seperti lemak. Terdapat dua tipe kolesterol: low-density lipoprotein (LDL) dan high-density lipoprotein (HDL).

Jika level LDL (atau yang biasa disebut kolesterol jahat) tinggi, maka dapat terjadi penumpukan lemak dalam darah yang disebut plak. Dan Plak ini dapat memicu penyakit seperti serangan jantung dan stroke.

Sedangkan jika level LDL rendah dan level HDL (kolesterol baik) maka akan mengurangi terjadinya serangan jantung atau stroke.

Level Kolesterol dan Umur

Kolesterol cenderung meningkat sejalannya umur. Dengan menjaga level kolesterol sejak muda maka dapat mencegah penumpukan yang berbahaya. Jika level kolesterol tidak terkontrol selama bertahun-tahun maka untuk menurunkannya akan sulit.

CDC Amerika Serikat merekomendasikan bahwa orang yang berusia 20 tahun ke atas sebaiknya mengecek level kolesterol minimal 5 tahun sekali. Jika memiliki faktor resiko penyakit jantung maka sebaiknya lebih sering check-up.

Level kolesterol pada anak-anak cenderung rendah, namun perlu juga mengecek level kolesterolnya minimal 2 kali sebelum menginjak dewasa.

Normalnya laki-laki memiliki level kolesterol yang lebih tinggi daripada perempuan. Level kolesterol pada laki-laki naik seiring usia, sedangkan level kolesterol perempuan naik setelah menopause.

Menurut National Institute of Health (NIH) Amerika berikut tabel level kolesterol berdasarkan usia:

Tipe Kolesterol <19 tahun
Laki-laki ≥ 20 tahun Perempuan ≥ 20 tahun
Total Kolesterol < 170 mg/dl 125-200 mg/dl 125-200 mg/dl
Non-HDL < 120 mg/dl < 130 mg/dl < 130 mg/dl
LDL < 100 mg/dl < 100 mg/dl < 100 mg/dl
HDL > 45 mg/dl ≥ 40 mg/d ≥ 50 mg/dl

Cara Menurunkan Kolesterol

NIH juga memberikan rekomendasi mengenai cara yang ampuh untuk mengurangi level kolesterol:

  • Memakan makanan yang sehat seperti buah, sayur, protein tinggi dan biji-bijian.
  • Berolahraga secara teratur.
  • Berhenti merokok.
  • Menjaga berat badan.
  • Mengatur stres.

Semakin dini menjalankan hal-hal tersebut semakin baik. Kemungkinan untuk terkena penyakit jantung atau stroke akan mengecil.

Jika cara di atas tidak berhasil maka dokter akan merekomendasikan pengobatan yang membantu mengurangi kadar kolesterol seperti:

  • Statins: Obat ini menjaga agar hati tidak memproduksi kolesterol
  • Bile acid sequstreants: Obat ini mengurangi jumlah lemak yang diserap tubuh.
  • Cholesterol absoption inhibitors: Obat ini menurunkan level triglycerides dalam darah dan mengurangi jumlah kolesterol yang diserap tubuh.
  • Omega-3: Suplemen ini meningkatkan level HDL dan menurunkan level triglycerides.

Kesimpulan

Kolesterol akan meningkat sejalan dengan usia, dengan naiknya level kolesterol maka akan meningkatkan resiko penyakit jantung dan stroke.

Dengan menjaga dan mengecek kadar kolesterol sejak dini merupakan langkah yang tepat. Dan segera konsultasi ke doktor jika level kolesterol tinggi.

Tinggalkan Balasan

Email Anda tidak akan di publikasikan. Bidang yang ditandai * harus diisi