Ini Lho Cara Biar Gak Mabuk Berat

Mabuk berat disebabkan oleh hati yang tidak dapat lagi memproses minuman alkohol yang kita minum. Berbeda orang akan berbeda pula ketahanan tubuhnya dalam memproses alkohol. Rata-rata orang akan mabuk jika meminum 355 mililiter minum berakohol setara golongan C atau kadar alkohol sekitar 5%, 120 ml minuman yang mengandung 15-20% alkohol atau miras golongan B, dan meminum miras 45 ml yang termasuk golongan A atau mengandung alkohol sekitar 80%.

Nah ketika meminum miras, seringkali efek mabuk berat sungguh sangat menyebalkan. Nah, dalam artikel ini akan membahas bagaimana caranya untuk mengurangi efek mabuk berat yang menyebalkan itu. Walaupun sebenarnya tidak ada obat yang menyembuhkan kita dari mabuk berat, setidaknya dapat mengurangi akibat negatif yang ditimbulkan oleh alkohol.

Apa Itu Mabuk Berat?

Menurut Robert Swift, Ph.D. profesor di Center for Alcohol and Addiction Studies pada Brown University efek yang dihasilkan oleh alkohol ketika seseorang mengalami mabuk berat beragam, ada yang kepala yang pening sekali, rasa haus, mual, muntah, dan lemas.

Gejala-gejala tersebut merupakan hasil dari metabolisme tubuh dalam memproses alkohol. Tidak seperti makanan atau minuman lain, alkohol dapat masuk secara langsung ke aliran darah melalui lapisan perut dan sisanya melewati usus kecil yang kemudian diproses oleh hati di mana enzim-enzim yang dihasilkan hati akan memecah alkohol agar dapat diserap tubuh.

Produk sampingan yang dihasilkan oleh proses tersebut adalah acetaldehyde, yang merupakan racun yang membuat peradangan di hati, pankreas, otak, saluran pencernaan dan lain-lain. Menurut Dr. Swift efek peradangan tersebut akan menghilang ketika alkohol sudah keluar dari tubuh. Zat acetaldehyde menyebabkan gejala-gejala yang mirip dengan flu.

Diet Mencegah Mabuk Berat?

Semenjak alkohol memiliki efek peradangan pada tubuh kita, maka akan kita dapat melawan hal itu dengan mengonsumsi makanan yang mengandung efek anti-peradangan. Menurut penelitian yang dipublikasikan pada Journal of Clinical Medicine menyebutkan bahwa makanan atau minuman yang mengandung zink dan niacin atau yang mengandung vitamin B3 akan membantu tubuh untuk membuang ethanol dan acetaldehyde.

Asparagus Mencegah Mabuk Berat?

Pada sebuah video yang viral di TikTok, mengklaim bahwa memeakan asparagus dapat mencegah mabuk berat. Klaim tersebut didasarkan atas sebuah penelitian yang dipublikasikan pada Journal of Food Science, yang mengindikasikan bahwa asam amino dan mineral yang terdapat dalam asparagus dapat melindungi sel-sel hati dari alkohol. Namun perlu diperhatikan bahwa penelitian tersebut memfokuskan hubungan antara ekstrak asparagus dengan sel-sel hati.

Suplemen Mencegah Mabuk Berat?

Pada sebuah publikasi di Alcohol and Alcohilism. Menemukan bahwa meminum suplemen yang mengandung L-cysteine yang merupakan asam amino dapat mencegah mabuk berat. Hal ini karena L-cysteine membantu mencegah efek yang diakibatkan oleh acetaldehyde.

Dalam penelitian tersebut para partisipan dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama meminum suplemen yang mengandung 600 mg L-cysteine dan kelompok lain placebo. Partisipan yang meminum suplemen melaporkan level mual, pusing yang lebih rendah dibandingkan yang meminum placebo.

Yang Harus Kamu Lakukan

Bukti bahwa meminum suplemen atau vitamin tertentu masih dalam tahap dini. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian-penelitian lebih lanjut. Nah yang jelas bisa kamu lakukan untuk mencegah mabuk berat berat adalah ketika minum miras, minum secara perlahan, sebaiknya makan terlebih dahulu sebelum meminum miras. Imbangi dengan minuman non-alkohol lain sebab alkohol merupakan diuretic, yang membuat kamu kencing terus. Jadi tetap jaga tubuh terhidrasi.

Tinggalkan Balasan

Email Anda tidak akan di publikasikan. Bidang yang ditandai * harus diisi